Dr.Ir Bambang Supiyanto, MM Meminta Penanaman Pohon Jangan Hanya Sekedar Seremonial

Nglipar,Suaragunungkidul.com – Ketua dewan penasehat IKA-SKMA ( Ikatan Alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas) Pusat Dr.Ir Bambang Supiyanto, MM menghadiri penanaman pohon dalam rangka Hari Bakti Rimbawan ke 36 di HKM Kusuma Tani Blok Karangpoh Dusun Perbutan Desa Katongan Kecamatan Nglipar 16/03/2019.

Kegiatan yang digelar serentak di seluruh provinsi di Indonesia bentuk kepedulian organisasi IKA-SKMA pusat untuk masyarakat Indonesia hal itu diungkapkan oleh ketua pangda DIY IKA-SKMA Asep Nia saat memberi sambutan diacara penanaman pohon di Blok Karangpoh Sabtu,16/03/2019 dihadapan anggota dan pengurus Pengda DIY dan Pengcab Gunungkidul.

“Walau tak berarti apa – apa namun inilah yang bisa kami lakukan sebagai bentuk kepedulian kami kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara pidato tertulis ketua umum IKA-SKMA Pusat yang dibacakan Wakil ketua umum Kamarudin Laode lebih menyoroti pentingnya kegiatan ini karena bisa menjadi penyemangat agar organisasi bisa lebih memikirkan kepentingan masyarakat umum sehingga keberadaanya ditengah masyarakat lebih nermanfaat.

“Sebelumnya Ketua umum meminta maaf karena rencana hadir ke jogja harus dibatalkan karena harus mengikuti kegiatan yang sama di Jakarta,sehingga mewakilkan ke saya dan sekjen untuk mendampingi bapak Ketua Dewan Penasehat,” terangnya.

Penanaman ribuan pohon oleh pengda IKA-SKMA DIY yang dihadiri oleh ketua dewan pembina pusat IKA-SKMA Dr.Ir Bambang Supiyanto,MM adalah bentuk partisipasi pengda DIY dan pengcab Gunungkidul dalam merealisasikan program kerja pusat untuk ikut serta Gerbang Mas ( Gerakan Anak Bangsa Menanam Serentak) bibit pohon yang ditanam oleh IKA-SKMA sendiri berasal dari persemaian permanen balai pengelolaan DASHL Serayu Opak Progo,di mana hutan negara yang dikelola oleh masyarakat bisa berfungsi secara maksimal.

Dr.Ir.Bambang Supiyanto,MM saat memberi sambutan sekaligus secara simbolis menanam pohon di lokasi kegiatan berharap agar kegiatan ini jangan hanya sekedar seremonial saja akan tetapi lebih bermanfaat bagi masyarakat umum khususnya masyarakat Gunungkidul dan umumnya DIY karena apabila sekedar seremonial dan tidak bermanfaat bagi masyarakat berarti keberadaan IKA-SKMA kurang maksimal.

“Saya berharap penanaman pohon ini bermanfaat secara maksimal untuk masyarakat bukan hanya sekedar seremonial,agar keberadaan IKA-SKMA ditengah – tengah masyarakat bernanfaat bagi masyarakat Gunungkidul khususnya dan DIY pada umumnya,”tutupnya.

Target yang dituju oleh IKA-SKMA adalah untuk memaksimalkan komitmen organisasi menggelorakan dan menumbuh kembangkan semangat GERBANGMAS dalam aksi nyata untuk mewujudkan keserasian lingkungan hidup dan meningkatkan kesejahteraan nasyarakat.

Selain Ketua Dewan Pembina,Waketum tampak hadir pula Sekjen IKA-SKMA pusat Ahmad Shodiq,Kades Katongan,dan dari masyarakat umum untuk ikut melakukan penanaman pohon secara serentak di HKM Kusuma Tani Blok Karang Poh.(wawan)