Gua Kubon dan Sanggar Tari Dipamerkan Desa Kemiri, Dalam Mengikuti Lomba Desa Tingkat Kabupaten Gunungkidul

Tanjungsari,Suaragunungkidul.com – Mewakili kecamatan Tanjungsari Desa Kemiri menawarkan berbagai kekayaan yang dimiliki diantaranya Kekayaan budaya dan kekayaan alam,dua kekayaan yang bakal dijadikan icon Kemiri adalah Sanggar Tari di Pedukuhan Nglagah dan Gua Tebon Yang masuk pedukuhan Ngasem.


Camat Tanjungsari Rakhmadian Wijayanto, AP, MSi dan Kepala Desa Kemiri Samidi saat berbincang dengan wartawan suaragunungkidul.com di sela – sela mendampingi team penilai lomba Desa tingkat Kabupaten Gunungkidul mengatakan bila panitia lomba desa akan lebih menawarkan sumber daya alam dan kekayaan budayaan lokal.


“Karena dua desa di kecamatan Tanjungsari yang tidak memiliki pantai maka kami akan terus promosikan kekayaan lain untuk membantu menambah kekayaan desa, misalnya gua Kubon dan Putri di Miri dan Gua Bentar di Hargosari, senentara untuk menambah nilai plus dalam lomba desa kita menawarkan sanggar seni dan gua,”terang Rakhmadian. 


Senada dengan camat Tanjungsari Kepala Desa Kemiri Samidi menimpali bila semua fasilitas yang dibutuhkan untuk akses menuju lokasi sudah disiapkan terutama jalan dan fasilitas lain untuk mendukung gua Kubon agar pengunjung bisa betah untuk menyaksikan keindahan gua Kubon. 


“Untuk akses menuju gua kubon kita sudah agendakan untuk tahun 2020 yaitu program TMMD senilai kurang lebih 300.000.000,- dan swadaya Karang Taruna akan kita maksimalkan,”tambah Samidi. 


Team penilai tingkat Kabupaten Gunungkidul terus melakukan penilaian hingga pukul 13.00 WIB masih berada di lokasi kegiatan sehingga ketua team Sudjoko, S. Sos, MSi belum bisa memberikan klarifikasi terkait kelebihan dan kekurangan desa kemiri dalam mengikuti lomba desa tingkat kabupaten Gunungkidul.(wawan)