Aplikasi Inovasi ELING SIM di Launching Polres Gunungkidul

Wonosari, Suaragunungkidul.com-Guna mempermudah perpanjangan SIM, Polres Gunungkidul meluncurkan inovasi Eling SIM. Acara di laounching di Mapolres Gunungkidul, Senin, 25/03/2019

Disampaikan, AKP Mega Tetuko, Kasat Lantas Polres Gunungkidul, seiring dengan kemajuan zaman yang ditandai dengan perkembangan teknologi informasi ditengah-tengah masyarakat. Pelayanan kepolisian dituntut untuk lebih inovatif dan modern.

” Salah satunya adalah pelayanan pada fungsi lalu lintas,” terangnya.

Hal tersebut tertuang dan sejalan dengan program kapolri yang bertajuk promoter, professional, modern, dan terpercaya.

Berawal dari hal tersebut, lanjut Mega, mendorong satuan lalu lintas Polres Gunungkidul untuk senantiasa berinovasi dalam menjawab segala kebutuhan masyarakat dalam hal pelayanan public, salah satunya adalah inovasi “ELING SIM”.

Inovasi ini diciptakan untuk menjawab kebutuhan masyarakat terhadap perpanjangan Surat Izin Mengemudi. Banyaknya masyarakat yang lupa akan masa berlaku sim dan terlambat untuk memperpanjang membuat masyarakat harus melaksanakan prosedur pembuatan SIM baru.

Sehingga sudah menjadi tugas satuan lalu lintas Polres Gunungkidul yang mempunyai tanggung jawab sebagai salah satu penanggung jawab peningkatan kualitas pelayanan public dalam rangka menuju zona integritas tahun 2019 untuk dapat menjawab permasalahan tersebut.

Inovasi Eling SIM adalah sebuah aplikasi pengingat masa berlaku sim yang dapat di akses melalui tablet yang disediakan di gedung Satpas SIM Polres Gunungkidul ataupun dapat diakses sendiri oleh masyarakat dengan alamat http://satlantasgununfkidul.com/elingsim/ pada tampilan utama terdapat beberapa kolom identitas yang harus diisi oleh pemegang SIM.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Mega Tetuko

“Kolom tersebut berupa alamat email, nama lengkap, no. SIM dan tanggal akhir masa berlaku, jika data tersebut sudah sesuai kemudian tekan tombol simpan,” ujarnya.

Server Eling SIM akan secara otomatis mencatat alamat data pemegang SIM.

Kemudian 10 hari sebelum masa berlaku sim habis, masyarakat pemegang sim akan menerima notifikasi atau pemberitahuan lewat email bahwa masa berlaku sim tersebut akan habis.

Ditambahkannya, dalam menjawab segala kebutuhan masyarakat terkait pelayanan fungsi lalu lintas, Satlantas Polres Gunungkidul akan terus mengembangkan dan berinovasi untuk tetap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

(Joko)

Open this in UX Builder to add and edit content