Festival Upacara Adat 2019 untuk Melestarikan Adat Budaya di DIY

Wonosari, Suaragunungkidul.com-Untuk melestarikannya adat dan budaya yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang jumlahnya ratusan, salah satunya dengan diadakan festival adat. Kali ini festival yang memakan anggaran ratusan juga itu diadakan di Gunungkidul, Sabtu, 30/03/2019.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Aris Eko Nugroho, SP, M.Si, mengungkapkan, salah satu tugas Disbud DIY adalah mengembangkan dan memelihara adat tradisi yang ada di DIY.

” Bagaimana caranya memelihara, yaitu dengan cara melestarikan, dan dengan cara diadakan festival semacam ini,” terangnya, Minggu, 30/03/2019.

Menurutnya, festival semacam ini sudah dilaksanakan setiap tahun dan tempatnya berpindah-pindah.

“Yang dianggarkan dari Danais saja sudah 4 kali, sebelumnya itu juga sudah sering dilaksanakan,” ujarnya.

Dijelaskan, setiap event mengabiskan dana ratusan juga hingga miliaran, itu tergantung aktivitas dan tema jenis kegiatannya. Untuk kali ini saja bisa mencapai Rp 500 juta lebih.

“Karena yang dari Danais saja Rp. 450 juta, itu belum dari masing-masing kabupaten/kota, khan, mereka juga menganggarkan, makanya kalau Rp 500 juta ya lebih,” jelas Aris.

Manfaat dari festival ini, menurut Aris, masyarakat merasa diperhatikan, karena yang melaksanakan kegiatan itu biasa-biasa saja, sekarang bagian yang menurut mereka luar biasa, sehingga diharapkan bisa meningkatkan perekonomian mereka.

Aris menambahkan 4 kabupaten 1 kota semua mengirimkan wakilnya untuk mengikuti festival ini.
Adapun jenis adat yang akan ditampilkan dalam festival ini diantaranya,

  1. Kabupaten Sleman, Adat Labuhan Merapi “Kala Murdha”
  2. Kabupaten Kulonprogo, Upacara Adat Khutukan Sunan Geseng.
  3. Kota Yogyakarta, Upacara Adat Karangkitri.
  4. Kabupaten Gunungkidul, Tradisi Adat Babad Dalan Giring.
  5. Kabupaten Bantul, Grebeg Bakda Mangiran

Sebelum pelaksanaan acara festival dimulai, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DIY melakukan pemukulan gong yang didampingi, Wakil Bupati Gunungkidul, Dr Drs, H. Immawan Wahyudi, M.Hum, Ketua DPRD Gunungkidul, Demas Kursiswanto, dan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, Drs Agus Kamtono, M.Si.

(Joko)