Perserta UNBK Paket B dan C Meningkat, Bupati Mengapresiasi

Semanu, Suaragunungkidul.com-Dengan tuntutan jaman yang semakin meningkat,
banyak anak-anak muda yang pergi merantau dengan ijazah SMP, mereka pulang untuk menempuh ujian kejar paket B atau C. Terlihat peserta UNBK paket B dan C di Gunungkidul meningkat. Bupati Gunungkidul sangat mengapresiasi dengan peningkatan peserta yang mengikuti UNBK tahun 2019.

Kepala Disdikpora Kabupaten Gunungkidul, H. Bahron Rosyid, S.Pd MM menjelaskan, untuk tahun pelajaran 2018/2019 peserta yang mengikuti ujian paket B sebanyak 96 dan Paket C sebanyak 488, jumlah total berjumlah 584 peserta yang tersebar di 15 lokasi SMP dan SMK.

Sebaranya di wilayah Kecamatan Paliyan, Saptosari, Girisubo, Ponjong, Semanu, Karangmojo. Wonosari, Gedangsari, Ngawen, Semin, dan Tepus.

“Dalam ujian ini diberikan kemudahan, bagi yang tidak hadir sekarang dapat mengikuti UNBK Kejar Paket C susulan,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD dan PNF) Disdikpora Gunungkidul, Nani Asyfiah. S Sos.M.Si selaku anggota tim penyelenggara mengatakan, dari tahun ke tahun, peserta kejar paket C terus meningkat. Banyak anak-anak muda yang pergi merantau dengan ijazah SMP, mereka pulang untuk menempuh ujian kejar paket C atau setlngkat SMA.

“Tuntutan zaman terus meningkat, yang sebelumnya ijazah SMP sudah dianggap memadai, namun sekarang dltuntut minimal mempunyai Ijazah setingkat SMA,” pungkasnya Nani.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos, saat meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pendidikan kesetaraan program Paket B dan Paket C, mengapresiasi dengan peningkatan jumlah peserta ujian.

“Saya bangga dengan saudara-saudara kita ini (Perseta ujian), meski sudah berumur tetapi masih memiliki semangat untuk mengikuti ujian kesetaraan,” ujar Bupati Badingah di seIa-sela peninjauan di SMP N1 Semanu, Jumat, 12/04/2019.

Hal ini, lanjut Bupati, sebagai dampak multiplier efek terhadap meningkatnya kunjungan wisata di Gunungkidul. Remaja yang sebelumnya merantau sekarang pulang untuk bekerja dlsektor Industri Wisata. Agar mendapatkan posisi kerja yang lebih baik. Sebingga bagi yang Iulusan SMP kemudian menempuh kejar paket C.

Banyaknya peserta kejar paket C ini Bulati berharap dapat meningkatkan massa menempuh pendidikan di Gunungkidul. Semangat untuk tetap belajar seperti yang dilakukan para peserta ujian kesetaraan paket C ini harus bisa dijadikan contoh bagi generasi muda di Gunungkidul agar tetap semangat dalam mendapatkan Ilmu pengetahuan.

“Saya minta Disdikpora terus melakukan pendataan bagi masyarakat yang putus sekolah. Tujuannya untuk meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Gunungkidul yang saat ini dinilai masih rendah,” pungkas Bupati.

(Joko)