Guna Memajukan Pembangunan, Desa Bejiharjo Bentuk Panitia BPD

Karangmojo, Suaragunungkidul.com– Penyelenggara Pembentukan Panitia Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mendapatkan pengarahan dari Kades Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, H. Suyanto, SP. Kegiatan digelar di Balai Desa Bejiharjo, Senin, 15/04/2019. BPD dibentuk dalam rangka untuk memajukan pembangunan di Desa Bejiharjo.

Kepala Desa Bejiharjo, H. Suyanto, S.P., menuturkan, pembentukan BPD sangat penting bagi kelancaran pelaksanaan pemerintahan ditingkat desa. Karena itu, hal itu penting mengingat mereka harus memahami tentang semua aturan dan tahapan sampai semua pembentukan BPD selesai.

“Pada pembentukan BPD memang diamanatkan sesuai ketentuan harus membentuk panitia,” ujarnya.

Panitia inilah yang bertanggung jawab sepenuhnya pada penyelenggaraan, sedangkan pihak desa hanya ketempatan saja.

“Panitia ini harus paham tugasnya tentang pembentukan BPD. Banyak aturan baik lama dan baru yang harus dipahami,” masih kata Suyanto.

Pembentukan panitia melibatkan dari unsur Pemerintah Desa 3 orang, tokoh masyarakat 8 orang, dari unsur anggota BPD 1 orang dan disaksikan Babinkamtipmas dari Desa Bejiharjo.

Suyanto menjelaskan, pada pembentukan BPD panitia memang diwajibkan memahami semua aturan seperti dalam peraturan perundang undangan tentang BPD. Aturan tersebut berupa Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Gunungkidul No.7 Tahun 2018 tentang BPD
dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa.

Ia berharap supaya pembentukan panitia BPD bisa berjalan lancar dan bisa bekerja sama dengan baik untuk membangun dan memajukan Desa Bejiharjo kedepan yang lebih baik ,tentram dan damai.

“Syukur Desa Bejiharjo bisa menjadi desa percontohan desa-desa yang lain di Gunungkidul,” pungkasnya.

(Supriyono/JK)

Open this in UX Builder to add and edit content