Kapolda DIY dan Danrem 072/PMK Sidak ke TPS, terkait Kesiapan Pemilu di Gunungkidul

Saptosari, Suaragunungkidul.com-Sehari menjelang pemungutan suara, Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dofiri bersama Komandan Korem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Muhammad Zamroni, melakukan sidak di berbagai tempat di DIY. Kali ini orang nomor satu di jajaran TNI/Polri di DIY ini sidak di Gunungkidul, Selasa, 16/04/2019. Salah satu TPS yang dikunjungi adalah TPS 17 Dusun Kepek, Desa Kepek, Kecamatan Saptosari.

Kapolda dan Danrem disambut oleh Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady, Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, serta jajaran Forkopimda Kabupaten Gunungkidul.

Ia sengaja dalam melakukan sidak ini dengan menggunakan motor dengan alasan supaya cepat.

” Sampai hujan-hujanan tadi, tetapi tetap semangat,” ujar Ahmad Dofiri,” Selasa, 16/04/2019.

Ia merasa terkesan dengan dekorasi di TPS 17 tersebut yang menurutnya membuat pelaksanaan pemilu akan semakin semarak dan meriah.

Selain itu, ia juga mengapresiasi bahwa anggota PPS yang mayoritas masih muda menurutnya menjadi atmosfer demokrasi yang positif di Gunungkidul. Hal semacam ini justru ditemukan di kampung-kampung seperti di Gunungkidul.

Dikatakan bahwa Kabupaten Gunungkidul menjadi satu-satunya yang tidak terjadi gesekan antar massa kampanye di DIY.

“Selama masa kampanye sampai hari tenang ini, Gunungkidul tidak ada gesekan, ini merupakan hal positif yang perlu dipertahankan di Gunungkidul,” terangnya.

Hal ini tidak lepas dari tindakan tegas yang dilakukan oleh petugas kepolisian terhadap massa kampanye yang melanggar aturan, salah satunya adalah kendaraan-kendaraan yang menggunakan knalpot blombongan.

Menurutnya, kendaraan dengan knalpot blombongan itu adalah sumber pemicu konflik karena mengganggu ketentraman orang.

Ditambahkan, menurut indeks kerawanan pemilu yang dikeluarkan Bawaslu, DIY menempati peringkat kedua di Indonesia. Namun konflik yang terjadi di DIY telah menurun tajam dibanding tahun 2014.

“Saya berharap dalam pelaksanaan pemilu besok bisa berjalan dengan aman, lancar dan damai,” pungkasnya.

(Joko)