Gunungkidul Menarik dan Menantang Bagi Para Biker Penghobi Trabas

24

Wonosari, Suaragunungkidul.com–Ratusan biker dari berbagai daerah ikut menyemarakkan Jogja Hard Enduro (JHE) VII di Gunungkidul, Sabtu, 15/06/2019. Bumi Handayani dianggap cukup menarik dan menantang bagi para penghobi off road.

Kelas privat tak hanya diikuti peserta dari kalangan umum saja, namun juga tak sedikit dari pejabat yang turut serta dalam event yang memacu adrenalin ini.

Wawan (40) peserta dari Jepara, Jawa Tengah, mengungkapkan rute zona utara Gunungkidul memang cukup menantang dengan melewati hutan-hutan, sungai dan alam pengunungan.

“Sungguh menguji adrenalin kita, menariknya, selain terjal juga banyaknya bebatuan yang sungguh menantang,” ungkapnya,” usai mengikuti off road.

Hal yang sama diungkapkan Didik Prasetyo (36) peserta dari Temanggung, Jawa Tengah.

Menurut Didik, Gunungkidul tanjakannya tidak terlalu tinggi, namun karena lingkup perhutanan dengan jalan yang licin, sempit dan terjal, belum lagi masuk menyusuri sungai yang harus bisa ditaklukkan oleh para biker, menjadi uji nyali dan uji andrenalin tersendiri.

“Tetapi walaupun begitu kita merasa senang, karena selain menantang, juga banyak keindahan alamnya yang luar biasa, apalagi dilihat dari puncak Gunung, sangat menarik dan indah,” akhirnya.

Sementara itu, ditempat berbeda, Ketua Indonesia Off-Road Federation 2 X 1, AKBP Mujiyana mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin yang selalu diadakan oleh para penghobi trabas.

Diakui Mujiyana, rute zona utara dipilih sebagai trek ajang kali ini lantaran dinilai memiliki sejumlah keunikan dan tantangan tersendiri bagi kalangan penghobi trabas.

Adapun rute yang akan dilalui oleh ratusan peserta berasal dari DIY, Jawa Barat, Jakarta, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Samarinda ini,
start dari Mako Kodim 0730/Gunungkidul, kemudian kawasan Pasar Siyono. Selanjutnya mulai melintasi medan yang tak biasa hingga tembus ke kawasan Kedungkeris di Kecamatan Nglipar melalui kawasan hutan kayu putih dan menerabas Kali Oya dan kemudian masuk ke sungai sisi Utara dari wilayah Desa Kedungkeris, Desa Pengkol, Desa Kedungpoh, serta naik ke puncak Bhatara Sriten, Pilangrejo, Kecamatan Nglipar.

“Kita akan istirahat sejenak di kawasan Embung Batara Sriten, tempat ini merupakan salah satu obyek andalan Gunungkidul yang berada di kawasan zona Utara,” ujarnya.

Tidak hanya sampai disitu, tambahnya setelah istirahat sejenak, para biker diarahkan untuk melanjutkan perjalanan kembali dengan melewati kawasan Obyek wisata Goa Pindul melalui sisi jalan yang tidak biasanya.

“Kemudian finish terakhir kembali ke Mako Kodim/0 730/GK,” pungkasnya.

Turut terjun menjajal track menantang di Gunungkidul tersebut diantaranya adalah Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Kasdam IV/Diponegoro Brigjen Teguh Muji Angkasa, Direskrimum Polda DIY, Kapolres Gunungkidul, Dandim 0730 Gunungkidul, Wakil Ketua DPRD, maupun beberapa pejabat lainnya.

(Joko)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.