Setelah Viral di Sosmed Surat Edaran Kasek SDN III Karangtengah Kadis dan Kepala Sekolah Akui Kesalahan Redaksional


Wonosari, Suaragunungkidul.com – Baru – baru ini viral di sosial media ( Sosmed ) terkait surat edaran dari kepala sekolah SDN III Karangtengah Wonosari yang mewajibkan siswa baru tahun pelajaran 2019/2020 untuk menggunakan hijab dan mendapat tanggapan dari berbagai kalangan.


Surat edaran yang ditanda tangani Kepala Sekolah SDN III Karangtengah Wonosari Pujiastuti, S.Pd berisi 4 butir ketentuan diantanya mewajibkan siswa baru untuk menggunakan hijab, kelas II – VI belum diwajibkan menggunakan hijab dan untuk tahun pelajaran 2020/2021 akan mewajibkan semua siswa menggunakan hijab.


Setelah beredar di sosial media dan mendapat banyak tanggapan dari nitizen Sekolah yang beralamat di Dusun Karangtengah II Desa Karangtengah Kecamatan Wonosari angkat bicara menurut Kepala Sekolah tidak ada maksud dari surat edaran tersebut diskriminatif terhadap non muslim pihak sekolah hanya menindak lanjuti kesepakatan bersama yang diputuskan oleh wali murid saat rapat bersama pihak sekolah.

“Kami belum tepat memilih kata, dan kami sudah meralat surat edaran baru yang meluruskan surat edaran yang viral,”Jelas Pujiastuti saat di hubungi melalui telpon 23/06/2019.


Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga ( Disdikpora ) Gunungkidul Bahron Rasid saat dikonfirmasi di ruang kerjanya terkait tanggapanya dengan surat edaran tersebut mengatakan apabila itu hanya kesalahan redaksional bahwa subtansi surat edaran tidak seperti penilaian banyak orang.


Bahron menjelaskan lebih lanjut anggapan bahwa sekolah mewajibkan semua siswa berseragam muslim hanya kesalahan redaksional, Bahron juga menjelaskan bahwa ketentuan seragam siswa sekolah tertuang dalam Permendikbud No 45 Tahun 2014.


“Sudah saya sarankan untuk diralat dengan menambahkan kalimat yang menegaskan bahwa seragam muslim dianjurkan bagi siswa muslim, Jadi tidak wajib bagi semua siswa, Dalam Permendikbud No 45 Tahun 2014 sudah diatur bahwa untuk jenjang SD terdapat 2 pilihan model celana yakni pendek atau panjang bagi laki – laki,serta model rok pendek atau panjang bagi siswa putri,” tutup Bahron. (Wawan )