Ratusan Pemancing Mania Berebut Dua Kwintal Ikan

4

Nglipar, Suaragunungkidul.com-Dalam rangka bersih desa atau Rasulan Desa Katongan, Kecamatan Nglipar, diadakan mancing gratis untuk umum di aliran sungai setempat, Minggu, 21/07/2019. Ratusan Pemancing mania berderet berebut ikan bawal dan lele kurang lebih 2 Kwintal.

Suroto, Wakil Ketua Panitia Rasulan membeberkan, bahwa mancing gratis yang saat ini dilakukan oleh warga masyarakat dari Kecamatan Nglipar ini merupakan rangkaian acara bersih desa, Desa Katongan.

Peserta mancing juga akan diberikan door praze dengan menggunakan kartu undian.

Dikatakanya, antusias peserta mancing sangat luar biasa, sampai tidak muat tempatnya. Lokasi pemancingan panjangnya kurang lebih 500 meter dengan lebar 10 meter tersebut tidak bisa menampung semua peserta, sehingga banyak yang kembali.

“Peserta yang bisa masuk ke sungai kurang lebih 230 peserta, dan tidak dibatasi waktunya,” ungkap Suroto, Minggu, 21/07/2019.

Harapannya, lanjut dia, supaya masyarakat bisa melestarikan alam lingkungan khususnya sungai, selain itu, ikut menggalakan program pemerintah supaya gemar makan ikan.

Program mancing gratis ini, diagendakan oleh Karangtaruna Desa yang bekerjasama dengan panitia Rasulan.

Suroto juga menjelaskan, mancing gratis ini mengawali rangkaian acara rasulan Desa Katongan tahun 2019.

Kemudian Selasa pagi, ada kirab budaya, yang diikuti 6 Padukuhan. Sebelumnya pada hari yang sama sebelum kirab akan ada kenduri tumpeng. Ada juga dari perangkat desa dan dari masing-masing lembaga akan membuat nasi ikung.

Kemudian, malam Rabu, 23/07/2019, ada acara dekeman akan diisi diisi Moco Pat, terbangun kuno, uyon-uyon dan saresehan Moco Pat. Selain itu, paginya ada acara lomba tumpeng antar Dusun dan antar lembaga desa.

Tidak sampai disitu saja, imbuh Suroto, malam Kamisnya, 24/07/2029, akan ada wayang kulit sekaligus mengadakan ruwatan untuk Gunungkidul dengan dalang Ki Seno Aji dari Tambran.

Awal acara Rasulan ini juga dimeriahkan dengan Gowes bareng komunitas Nglipar Mempeng Medal Pit (Ngempit) yang dikomandani J widodo.

Gowes yang dilakukan komunitas Nglempit ini dalam rangka ikut memeriahkan acara Rasulan Desa Katongan.

“ya kita hanya ikut partisipasi memeriahkan acara Rasulan di Desa Katongan,” ucap Widodo.

(Joko)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.