Jalan Sehat Dalam Rangka Memperingati HUT RI ke 74, Pemdes Tepus Siapkan Hadiah 6 Ekor Kambing dan Puluhan Bingkisan


Tepus, Suaragunungkidul.com – Ribuan peserta mengikuti jalan santai yang digelar pemerintah desa Tepus Kecamatan Tepus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ( HUT RI ) ke 74, 14/08/2019 peserta yang datang dari berbagai pedukuhan sebenarnya dibuka untuk umum namun karena minimnya sosialisasi maka mayoritas peserta hanya datang dari wilayah terdekat.


Rute yang diawali dari Kantor Desa Tepus dan Finish di tempat yang sama dilepas langsung oleh Kepala Desa Tepus Supardi, SIP saat berbincang dengan wartawan saat ditemui diruang kerjanya 14/08/2019 Supardi mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat bahwa pentingnya mengisi kemerdekaan karena para pejuang yang telah mendahului kita menurut Kades yang juga Pegawai Negeri Sipil ini telah berkorban nyawa,darah,harta dan kita hanya mengisinya.


“Kita hanya memberi pemahaman ke masyarakat betapa pentingnya kemerdekaan ini,karena para pejuang bukan hanya berkorban harta melainkan nyawa sehingga kita patut untuk mensyukuri apa yang telah diberikan oleh Tuhan yanf maha esa,” jelas Supardi.


Berbagai macam hadiah yang disiapkan panitia berasal dari sumbangan warga Desa Tepus terutama warga yang memiliki usaha khususnya di pesisir pantai dan wilayah Desa Tepus, untuk warga lain yang tidak memiliki usaha hanya diminta untuk mengadakan iuran sebesar 10.000,- itupun harus dibagi dengan Kecamatan Tepus pembagianya 60 % untuk kecamatan dan 40 % untuk desa.


Selain jalan santai berbagai pegelaran juga dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Tepus antara lain Jathilan, Tournamen Volly, Upacara dan kegiatan lain untuk memeriahkan peringatan HUT RI ke 74 Desa Tepus, Hal itu ditambahkan oleh Kades Tepus Supardi saat ditanya lebih lanjut kegiatan yang apa saja yang diadakan dalam rangka HUT RI ke 74.


” Banyak kegiatan yang sudah dan akan digelar diantarnya jalan sehat, Jathil, Elektone, Tournamen Volly, tirakatan dan terakhir ikut Upacara di lapangan Kecamatan Tepus yang bakal dilaksanakan 17 Agustus 2019,” Tambah Supardi.


Terpisah Camat Tepus Alsitho, S.Sos saat di temui wartawan kegiatan apa saja yang digelar untuk memperingati HUT RI ke 74 menjelaskan bahwa Forkompinca bekerjasama dengan desa – desa yang ada di Tepus menggelar banyak kegiatan dan semua melibatkan masyarakat dari seluruh warga se-Kecamatan Tepus Pawai Budaya, gerak jalan, kesenian, sosialisasi kebangsaan dan berbagai kegiatan lain di setiap desa.


“Agendanya banyak,dan ada yang digelar di Desa masing – masing, untuk kecamatan gerak jalan,pawai kebudayaan, pameran ekonomi kreatif dan pertanian rencananya akan dibuka langsung oleh Bupati Gunungkidul,” Ucap Alsitho.


Hiruk pikuk para panitia dan para penanggung kegiatan masih tampak hingga siang ini sementara agenda lainya adalah pawai sekaligus rasul Desa Purwodadi,namun Pj. Kades Purwodadi saat akan dimintai pendapat terkait pawai budaya yang bakal digelar 14/08/2019 pukul 13.00 WIB belum bisa dihubungi karena masih memepersiapkan berbagai hal dalam keperluan pawai.( wawan )