Sebagai Edukasi, SMPN 3 Saptosari Mengajak Muridnya Terlibat Langsung Dalam Penyembelihan Hewan Kurban


Saptosari, Suaragunungkidul.com – Kegiatan pembelajaran dapat dilakukan di luar ruang kelas dan di dalam ruang kelas,salah satu cara mendidik siswa untuk bisa terjun ke masyarakat oleh SMP 3 Saptosari adalah dengan mengajak siswanya terlibat langsung dalam pelaksaan penyembelihan hewan kurban,dihalaman terbuka para siswa dan siswi SMPN 3 Saptosari diajarkan langsung bagaimana tata cara penyembelihan hewan kurban  Selasa, 13/08/2019 dengan melakukan pembelajaran terpadu,  yang melibatkan langsung siswa dan guru diharapkan mampu menambah ekstra kulikuler bagi siswa dan siswi SMPN 3 Saptosari.


Penerapan pembelajaran dengan memadukan mata pelajaran PAI dan Prakarya tersebut ternyata disambut antusias oleh seluruh siswa di SMP 3 Saptosari. Siswa di bimbing oleh guru-guru mulai dari tatacara penyembelihan sampai tahapan distribusi, selain itu siswa juga di bimbing untuk memasak dari penyiapan tempat, peracikan bumbu serta penyajiannya. 


Dalam sambutanya, Mulyono, MPd selaku kepala SMP 3 Saptosari menghimbau agar seluruh siswa benar-benar mengikuti petunjuk yang sudah di sampaikan oleh guru sehingga di bawah bimbingan guru siswa dapat melaksanakan kegiatan pelajaran lapangan dengan baik. 


“Saya harapkan anak – anak bisa mengikuti kegiatan juga mengikuti petunjuk yang diberikan oleh guru,sehingga bila kelak terjun ke masyarakat tidak bingung dan canggung lagi,” harap Kasek.
Untuk tata cara penyembelihan, siswa di bimbing langsung oleh Sidig Triyono, S.Pd.I yang juga guru PAI dan Budi Pekerti di SMP 3 Saptosari. 


“Alhamdulillah, siswa begitu antusias mengikuti penyembelihan dan bahkan banyak siswa yang ikut belajar bagaimana cara krewet (mengambil daging), belajar cara membagi daging serta belajar cara memasak. Kegiatan ini selain upaya mengajak siswa siap dalam kegiatan qurban di lingkungan juga mengajari siswa bagaimana melakukan kerjasama”.Ujar Sidiq Triyono.


Kegiatan pembelajaran seperti ini diharapkan dapat benar-benar terimplementasi terhadap diri siswa, sehingga siswa mampu menjadi pelajar yang terampil, mampu kerjasama dan bisa menjadi generasi yang mandiri dan bila kelak terjun ke masyarakat para lulusan SMPN 3 Saptosari mampu membantu masyarakat sekaligus menjadi yang terdepan dalam kegiatan kemasyarakatan.(wawan).