Meriahnya Pentas Ketoprak Margo Budoyo, Penonton Enggan Beringsut Dari Tempat Duduk


Tanjungsari, Suaragunungkidul.com – Pagelaran ketoprak Margo Budoyo Padukuhan Gaduhan, Desa Hargosari Kecamatan Tanjungsari dalam rangka puncak peringatan Hari Ulang Tahun ( HUT ) RI ke 74 tingkat kecamatan Tanjngsari di Pendopo Kecamatan Tanjungsari 21/08/2019 membuat penonton enggan beriksut dari tempat duduk, apalagi ketika Camat dan Sekcam Tanjungsari Rahkmadian Wijayanto dan Eko Prasetyo yang didapuk menjadi demang penonton semakin terpingkal – pingkal.


Penonton yang sejak sore menunggu penampilan Ketoprak yang menyabet juara II tingkat Kabupaten Gunungkidul memang mampu membawa penonton larut dalam cerita yang mereka pentaskan terutama ketika beradegan sedih atau antagonis para penonton histeris bahkan ada yang geregetan dengan penampilan pemeran utama yang memerankan Temenggung.
Sejak adegan pertama ketoprak Margo Budoyo keluar sudah mampu membuat penonton terhibur bahkan sampai panggelaran ketoprak selesai penonton sedikitpun tidak berkurang, Camat Tanjungsari yang didampingi Istri dan Danpos Tanjungsari yang menyaksikan hingga kelar pertunjukan saat di tanya langkah kedepan untuk mempertahankan keberadaan ketoprak dan budaya di kecamatan Tanjungsari sudah memiliki langkah – langkah salah satunya adalah bakal menjadikan para senior Ketoprak jadi pelatih ketoprak.


“Saya sudah punya langkah – langkah untuk mempertahankan keberadaan ketoprak dan budaya di Tanjungsari diantaranya mereka yang sinior dan punya jam terbang lebih lama akan dijadikan pelatih,lalu setiap tahun dalam peringatan HUT RI akan dilombakan ditingkat kecamatan baik ketoprak dan dalang untuk usia dini,” Terang Rahkmadian.


Kecamatan Tanjungsari sendiri memang memiliki begitu banyak talenta – talenta seni baik Dalang, Pemeran utama Ketoprak, Jathil, reog yang sudah sering pentas dan namanya sudah tidak asing lagi misalnya Dalang Ki Subardi asal Desa Hargosari, Kelompok Jathil Gagak Rimang dari desa Kemiri, Dalang Muda yang sedang naik daun Ki Hening Sudarsono, paguyuban ketoprak Margo Budoyo dan masih banyak paguyuban budaya yang dimiliki Tanjungsari.


Pagelaran ketoprak berakhir hingga pukul 00.30 WIB para penonton baru membubarkan diri untuk kembali ke rumah masing – masing, salah satu penonton yang dapat dikonfirmasi terkait penampilan Ketoprak Margo Budoyo mengaku puas dan senang karena ketoprak biasanya sepi penonton karena membosankan ternyata ini beda dari yang lain.


“Wah bagus sangat menghibur bahkan mampu membawa penonton larut dalam cerita,” Ujar Gonteng salah satu penonton yang datang dari pedukuhan Timunsari.


Camat dan Sekcam Tanjungsari saat berperan menjadi Demang dalam pagelaran ketoprak meminta izin masyarakat Kedemangan Tanjungsari agar tahun depan 2020 untuk acara peringatan HUT RI ke 75 mampu menampilkan Dalang Kondang dari Kabupaten Bantul Ki Seno Nugroho, mendapat uplause meriah dari warga dan berharap tahun depan bisa terealisasi.


“Kulo nyuwun penyengkuyungan warga Kedemangan Tanjungsari supados tahun 2020 saget ngundang Ki Seno Nugroho ( Saya minta restu warga kademangan Tanjungsari supaya tahun 2020 bisa mengundang Ki Seno Nugroho ) ,” Ujar Camat saat berdialog dengan Warga Tanjungsari.


Setelah sukses menggelar berbagai kegiatan dalam rangka HUT RI ke 74 tingkat kecamatan Tanjungsari tidak akan banyak yang berubah dalam kegiatan tahun depan untuk melaksanakan kegiatan serupa.( wawan )