Ratusan Lahan Pertanian Warga Transmigrasi Kecamatan Wanaraya Diamuk Si Jago Merah

Barito Kuala,Suaragunungkidul.com – Ratusan lahan pertanian milik warga transmigrasi di Desa Waringin Kencana dan Pinang Habang Kecamatan Wanaraya Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan 11/09/2019 malam habis di amuk si jago merah, lahan yang sehari – hari menjadi sumber penghasilan warga dan banyak di tanami hasil bumi ludes, jerit tangis dan usaha maksimal untuk memadamkan api telah dilakukan oleh warga setempat dengan alat seadaanya namun api yang terlanjur besar tak mampu di padamkan.


Warga Desa Waringin Kencana Eko saat dihubungi wartawan 11/09/2019 malam membenarkan kejadian tersebut bahkan ia mengatakan warga silih berganti menjaga dan memadamkan api agar tidak sampai menyasar keperumahan warga, dari informasi yang dihimpun tanaman warga setempat yang habis di amuk jago merah seperti kelapa sawit,pohon karet,sayuran,padi dan berbagai tanaman palawija.


“Benar om, bahkan kejadianya sudah sejak tadi pagi sampai malam ini, banyak tanaman warga yang habis dilalap api seperti kelapa sawit,pohon karet dan tanaman lain,” terang Eko.


Selain Eko warga lain yang juga perangkat Desa Pinang Habang Tarwin saat di hubungi wartawan membenarkan kejadian tersebut ia juga menjelaskan bahwa pihak dua desa sudah berusaha melaporkan kejadian yang dialami warga,  kepada pihak terkait namun sampai malam ini belum ada tindakan apapun bahkan tak satupun dari dinas terkait turun kelapangan untuk melihat langsung kondisi warga dua desa yang sedang mengalami musibah.


“Kami sudah melaporkan kejadian kepada pihak terkait namun belum ada tindakan, semoga saja dalam waktu dekat dari pihak Provinsi maupun Kabupaten merespon laporan warga,” Ujar Tarwin.


Hingga larut malam dua desa yang lahannya dilalap api masih berjaga sekaligus mematikan kobaran api menggunakan alat seadaanya, sambil berharap ada perhatian dari pihak terkait dari Pemerintah Provinsi Kalumantan Selatan maupun dari Pemerintah Kabupaten Barito Kuala.(wawan)