Datangkan Abdi Dalem Kraton, Pemindahan Batu Temanten Ditonton Ribuan Warga

Rongkop, Suaragunungkidul.com –
Ribuan warga memadati pembangunan Jalur Lintas Selatan Dusun Semampir, Desa Semugih, Kecamatan Rongkop, Kamis (12/09/2019). Warga yang datang dari berbagai daerah tersebut datang untuk menyaksikan pemindahan Batu Temanten.

Diketahui Batu Temanten sendiri merupakan sebuah batu bersejarah, pemindahan tersebut menghadirkan dari abdi dalem Keraton Yogyakarta lantaran menurut kepercayaan warga setempat Batu Temanten mempunyai kekuatan magis.

Kepala Dusun Semampir, Desa Semugih, Kecamatan Rongkop Suyoto mengatakan bahwa, keberadaan batu temanten tersebut sudah ada sejak zaman para wali. Warga setempat mendapatkan cerita mistis tersebut secara turun temurun.

“Menurut cerita dari nenek moyang batu temanten iki kisahnya ada sepasang manten yang meninggal di lokasi batu tersebut,”ujarnya.

Sementara itu Kelapa Desa Semugih Kecamatan Rongkop Sugiyarto mengatakan, ritual pemindahan tersebut melibatkan dari abdi dalem keraton Yogyakarta menggunakan berbagai sesaji. Ritual tersebut dilakukan karena pihak kontracktor yang mempunyai alat berat berupa backhoe tidak berani memindahkan batu mistis tersebut.

“Ritualnya serah terima baju temanten dan pelepasan ayam,”imbuh Kades(wawan)