Anggota DPR ini Pernah Pikul Ratusan Jenazah

Semin, Suaragunungkidul.com-Semenjak muda, Ichwan Mulyana, Warga Desa Pundungsari, Kecamatan Semin, Gunungkidul ini memang sudah menuruti panggilan hatinya, yakni ingin memikul jenazah orang meninggal. Ratusan Jenazah pernah ia pikul ke tempat pemakaman bahkan sampai penguburan jenazah selesai.

Pada tahun 2017 ketika menjadi Kepala Desa Pundungsari, Kecamatan Semin, pria supel ini sudah memikul jenazah 300 lebih jenazah.Baginya menjadi kepala desa tidak menghalangi untuk menuruti kehendak hatinya, sekaligus membantu warganya yang berduka.

Oleh karenanya, Kepala Desa Pundungsari ketika itu, diajungi jempol rakyatnya. Setiap ada warga meninggal, dia membantu mengusung jenazah hingga liang lahat.

Dikonfirmasi, Ichwan mengatakan, niat memikul jenazah itu merupakan kebiasaan karena panggilan hati untuk kepentingan sosial.

Menurutnya, kerja sosial dengan memikul jenazah dikerjakan sejak masih bujang, bukan saja ketika menjadi Kades atau saat ini sudah duduk di kursi dewan.

Ichwan mengundurkan diri sebagai Kades Pundungsari lantaran mencalonkan diri sebagai anggota dewan Kabupaten Gunungkidul dalam Pemilu 2019 bersama 4 Kades lainya.

Keempat Kades yang mengundurkan diri, karena mencalonkan anggota dewan, meliputi Kades Pundungsari, Semin Eckwan Mulyana; Kades Nglegi, Patuk, Aripin; Kades Giripanggung, Tepus Heri Purwanto dan Kades Nglipar, Heni Kusdiyanto

Dari keempat calon hanya mantan Kades Pundungsari dan Giripanggung yang berhasil maju sebagai wakil rakyat
periode 2019-2024.

Setelah dipercaya menjadi wakil rakyat dari Dapil III, diusung Partai Gerindera, Ichwan tidak meninggalkan kebiasanya, memikul jenazah.

“Walaupun sudah menjadi anggota dewan, saya tetap meneruskan kebiasaan saya untuk bersosial, memikul jenazah, karena suatu saat saya juga akan kembali, seperti yang saya pikul,” ujar Ichwan Mulyana yang diberi amanah menjadi Ketua Fraksi Gerindera ini, Minggu, 25/09/2019.

Ketika ditanya sudah berapa jenazah yang pernah dipikul, ia tidak ingat betul.

Yang saya ingat pada saat saya menjadi Kades, pada tahun 2017 ada 300 jenazah, kalau sampai sekarang mungkin bisa 400an lebih jenazah,” ungkapnya.

Ia bersyukur diberikan amanah menjadi ketua fraksi di dewan. Padahal ia merasa termasuk orang baru di dewan.

Bahkan, tidak sampai disitu saja, masyarakat Semin menginginkan supaya ia bersedia dicalonkan menjadi Wakil Bipati pada Pilkada mendatang. Agar Semin ada Calon Wakil Bupati dari warga Semin sendiri.

Ketika dikonfirmasi, Ichwan hanya menanggapi enteng.

“Wakil Bupati di Ketoprak?” tanyanya.

(Joko)