Kampung KB Berkomitmen Hidup Sehat Melalui Beberapa Kegiatan GERMAS

Ngawen, Suaragunungkidul.com-Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Deklarasi mental, Louching rumah Desa Kampung KB Kecamatan Ngawen, di laksanakan di lapangan parkir obyek Hutan Wisata dan Konservasi Wonosadi, Desa Beji, Kecamatan Ngawen, Jumat, 20/09/2019. Acara yang diselenggarakan oleh Kecamatan Ngawen bersama UPT Puskesmas Ngawen I dan II tersebut berkomitmen hidup sehat melalui beberapa kegiatan Germas.

Diantaranya dengan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk selalu hidup sehat dengan banyak makan buah dan sayur.

“Kegiatan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) ini harapannya masyarakat memiliki budaya hidup sehat,” ujar dr. Pudyastuti, M.M., Kepala UPT Puskesmas II Ngawen dalam sambutanya.

Menurutnya, untuk bisa berbudaya hidup sehat ada 7 hal yang harus dilakukan, diantaranya, melalui aktifitas fisik meliputi kegiatan aktifitas sehari-hari dan berolah raga, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman keras, selalu cek kesehatan secara rutin, menjaga kesehatan lingkungan, dan menggunakan jamban sehat.

Ditambahkan dr. Pudyastuti, dari ketujuh itu, ada 3 hal yang prioritas diantaranya, melakukan aktifitas fisik secara teratur, makan buah dan sayur sebanyak 5 Porsi terdiri dari 3 porsi sayuran dan 2 porsi buah-buahan

“Selain itu selalu melakukan cek kesehatan secara rutin,” akhirnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Slamet Winarno S. Sos MM., Camat Ngawen mengungkapkan bahwa kegiatan ini terinspirasi dari semangatnya unsur Forkopimca, Kepala Desa, instansi terkait, Kepala sekolah didukung ibu kepala desa dan elemen masyarakat dari Jagawana Sehati, dan Pokdarwis.

Ia mengucapkan terimakasih kepada Ibu-ibu dari warga Duren, Desa Beji sebagai Kampung KB yang telah berkomitmen untuk hidup sehat melalui beberapa kegiatan Germas.

“Dengan mensosialisasikan untuk selalu hidup sehat dengan banyak makan buah dan sayur,” jelasnya.

Dalam sambutanya, Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos., yang dibacakan oleh Sudjoko, S.Sos, M.Si., Kepala Dinas P3AKBPM&D Kab. Gunungkidul menyampaikan, melalui Germas, Deklarasi mental, Louching rumah Desa Kampung KB tentunya akan dapat berdampak pembangunan Gunungkidul dengan pemberdayaan SDM partisipasi seluruh komponen masyarakat demi meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik

“Dalam mewujudkan komitmen ini perlu adanya peran serta masyarakat Desa Beji,” terang Sudjoko.

Lebih jauh ia menjelaskan, kegiatan ini menjadi edukasi spritual masyarakat dalam kehidupan sehari-sehari untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki kedewasaan, bijaksana dan berdaya saing. Rumah KB yang baru saja di Lounching akan menjadi daya dukung dalam mengoptimalkan program KB untuk menciptakan keluarga sehat dan sejahtera dengan melaksanakan program KB secara optimal.

Perilaku hidup sehat sehari-hari akan membentuk budaya positif bagi generasi penerus.

“Saya berharap Komitmen dalam menerapkan Germas dengan Deklarasi mental, Louching rumah Desa Kampung KB ini menjadi inspirasi bagi desa- desa yang lain di Gunungkidul,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut juga dihadiri Mayor Inf. Nurhadi Suswanto, Kasdim 0730/GK, dr. Dewi Irawaty, M.Kes., Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dra. Siwi Irianti, M.Si., Kepala Dinas Sosial, Virgilio Soriano, Sekretaris Disperidag Kabupaten Gunungkidul, Slamet Winarno S. Sos MM., Camat Ngawen, dan Drs. Witanto Camat Semin.

(Joko)