Ditengah Musim Kemarau, Petani Bawang Merah Panen Raya

GEDANGSARI,SuaraGunungkidul.com,
Kemarau panjang yang terjadi di wilayah Gunungkidul membuat banyak tanaman mati lantaran kekurangan air. Namun demikian berbeda dengan tanaman bawang merah milik Kelompok Petani Sembodo Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari, dengan segala keterbatasan air tanaman bawang merah tersebut berhasil dipanen.

Selasa (23/09/2019) bertempat disebuah ladang di Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari sejumlah 195 kg bawang merah dipanen secara bersama-sama oleh Kelompok Tani Sembodo.

Kepala Dusun Ngalang, Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari Siswanto mengatakan bahwa, panen raya tanaman bawang merah yang dilakukan oleh Kelompok Tani merupakan panen perdana, sebelumnya Kelompok Tani Sembodo belum pernah mencoba menanam tanaman hortikutura seperti bawang merah.

“Meski dipanen pada musim kemarau namun hasilnya tidak mengecewakan,”ujar Siswanto ditemui disela-sela Panen raya yang dihadiri oleh Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian setempat.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Sembodo Ijuk menjelaskan, walaupun musim kemarau namun tidak menyurutkan para petani menanam bawang merah. Untuk menyirami tanaman bawang merah, petani mendaptkan air dari sumur bor, sementara untuk pupuknya didapat dari swadaya masyarakat.

“Sementara hasil panen disimpan sampai harganya stabil, karena saat ini harganya anjlok. Kedepan kami berharap bisa membuat lahan yang tidak hanya ditanami padi saja,”imbuhnya.( Wahyu Stya)