TMMD Reguler Tahap III, TNI/Polri, Pemerintah Daerah dan masyarakat keroyokan Bangun Desa

Panggang, Suaragunungkidul.com – Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Ke-106 Tahap III TA. 2019 Kodim 0730/GK dilaksanakan di Lapangan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 (Dua) Panggang Dusun Blimbing Desa Girisekar Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu, (02/10/2019) pagi. TMMD Reguler Tahap III ini, TNI/Polri, Pemerintah
Daerah dan masyarakat keroyokan
Bangun Desa

Inspektur upacara, Wakil Bupati Gunungkidul, Dr.Drs. H Immawan Wahyudi SH, MH., menyampaikan, program TMMD merupakan bagian dari cara merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotong royongan untuk mengatasi persoalan kebangsaan.

Dengan mengatasi kemiskinan dan pengangguran, mewujudkan daulat pangan dan energi, memenuhi kebutuhan dasar masyarakat secara baik, memberantas narkoba, memperkuat semangat nasionalisme dan patriotisme, tidak mungkin hanya mengandalkan peran pemerintah pusat.

“TNI/Polri dan Pemerintah Daerah serta masyarakat mesti keroyokan, dan bersinergi serta bekerjasama bersama rakyat untuk menyelesaikan persoalan persoalan tersebut,” ungkap Immawan.

Dijelaskan, sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta Pemerintah Pusat dan Daerah melalui TMMD dapat menjadi suatu kekuatan besar untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu atau persoalan terkini dengan solusi.

Ia ingin kehidupan rakyat makin sejahtera. Jalan dan jembatan makin memadai sehingga aksesibilitas dan mobilitas orang serta barang dari dan ke desa makin lancar. Sarana prasarana fasilitas umum untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat juga makin baik, ketersediaan pangan yang mencukupi serta tempat tinggalnya layak untuk dihuni.

“Yang tidak kalah penting adalah adanya kesempatan dan ruang berkreasi bagi masyarakat tersedia dengan baik,” akhirnya.

Ditempat yang sama, Dandim 0730/GK, Letkol Inf. Noppy Laksana Armiyanto, SH., melalui Kapten Inf. Agus Rahmad Widodo, Pasi Ter Kodim 0730/GK, membacakan programTMMD Reguler 106 Sengkuyung Tahap III yang fifokuskan pada sasaran fisik dan non fisik.

Sasaran pembangunan fisik dilaksanakan mulai pada tanggal 2 Oktober sampai dengan 31 Oktober 2019, meliputi, Cor Rabat Beton P. 310 MX L. 1,6 MX T. 0,10 M di Dusun Bali Desa Girisekar, Cor Rabat Beton P. 275 MX L. 1,6 MX T. 0,10 M di Dusun Sawah Desa Girisekar, Cor Rabat Beton P. 250 MX L. 1,6 MX T. 0,10 M di Dusun Jerukan Desa Girisekar, Cor Rabat Beton P 210 MX L. 1,6 MX T. 0,10 M di Dusun Mendak Desa Girisekar, Cor Rabat Beton P 100 MX L. 1,6 MX T. 0,10 M di Dusun Pijenan Desa Girisekar, Cor Rabat Beton P 220 MX L. 1,6 MX T. 0,10 M di Dusun Warak Desa Girisekar Kecamatan Panggang, Gunungkidul.

Sasaran non fisik diantaranya Wawasan Kebangsaan dan bela negara dari Kodim 0730/GK, Penyuluhan Bahaya Narkoba dari Polres Gunungkidul, Penyuluhan Kamtibmas, Terorisme dan Radikalisme dari Kodim 0730/Gk, Kesehatan dari Kodim 0730/GK.

” Juga Pelatihan ketrampilan PKK dan Olahraga bersama serta hiburan rakyat,” pungkasnya.

(Joko)