Ngadiyat Gugur sebelum Perang, Masyarakat Tetap Akan Geruduk Balai Desa Bunder

Patuk, Suaragunungkidul.com-Hasil pengumuman berita acara Panitia Pemilihan Kepala Desa Bunder, Senin Sore, 07/10/2019, kekitar pukul 18.00 WIB, kandidat bakal calon kades Bunder, Ngadiyat dipastikan gugur, lantaran mempunyai scor terendah dibandingkan kandidat lainya. Masyarakat akan menggeruduk, datang ke Balai Desa Bunder menyatakan keberatan dan pempertanyakan keadilan dalam penilaian terhadap jagonya.

Informasi yang diperoleh awak media, pengumuman berita acara hasil  penilaian dan keabsahan administrasi dari masing-masing bakal calon kades sebagai berikut :

Suwarto, bobot nilai 13,30, Ngumar, bobot nilai 46,25, Suharno, SH, bobot nilai 27,85, Maryadi, bobot nilai 55,10, Wahyudi, bobot nilai 46,40 dan Ngadiyat, bobot nilai 11,80.

Dipastikan Ngadiyat gugur sebelum perang, karena dimungkinkan pengabdian sebagai Kepala Dusun Widoro Wetan tidak mendapat scor.

Namun demikian, didalam penguman berita acara tersebut, panitia menyebut jika masyarakat merasa keberatan bisa mengajukan keberatan terhadap bakal calon kepala desa. Batas waktu pengaduan keberatan masyarakat terhitung 6 hari kalender dari tanggal 08 -13 Oktober 2019.

Berdasarkan hasil berita acara tersebut,  salah satu tim kubu Ngadiyat, mengatakan akan tetap mengikuti aturan yang sudah sebutkan oleh panitia pemilihan.
Langkah pertama akan menggalang tanda tangan warga, yang intinya merasa keberatan dengan tidak dianggapnya pengabdian Ngadiyat sebagai kepala dusun. Kemudian akan mendatangi Balai Desa Bunder, bertujuan mempertanyakan dasar gugurnya Ngadiyat dan akan menyatakan keberatan.

Seperti pemberitaan sebelumya, dimungkinkan gugurnya Ngadiyat lantaran Sekretaris Desa, Sidik Hermawan tidak mau menandatangi foto copy ligalisir Surat Keterangan (SK) pengangkatan Ngadiyat, sebagai Dukuh, Widoro Wetan dengan alasan tidak adanya  SK aslinya.

Sebagaimana diketahui, Ngadiyat pernah mengabdi sebagai Dukuh di Padukuhan Widoro Wetan, Desa Bunder, Kecamatan Patuk sudah puluhan tahun hingga purna tugas. Surat Keterangan (SK) Pengangkatan 2006/2007 purna 29 Juli 2016.

Legalisir SK Pengangkatan Dukuh merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi sebagai Bakal Calon Kades Bunder.

(Joko)