Sosmed Jadi Salah Satu Sebab Pergauian Bebas, Unala Siapkan Wadah Konseling Remaja

101

Wonosari,(suaragunungkidul.com)–Era Digital saat ini menjadikan berbagai sosial media begitu masif digunakan oleh masyarakat, baik digunakan untuk berbisnis maupun berkomunikasi. Namun demikian tak dipungkiri sosmed terkadang dipergunakan untuk kegiatan negatif khususnya para remaja.

Unala menyebut, sosmed dapat menyebabkan pergaulan bebas bahkan sampai menyebabkan kehamilan bagi para remaja. Diketahui Unala merupakan sebuah program layanan kesehatan ramah remaja yang melibatkan sektor swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta. UNALA digagas oleh United Nations Populatiom Fund (UNFPA) sejak 2014. Bertujuan untuk menyediakan informasi kesehatan bagi remaja dan memberikan pelayanan kesehatan yang ramah remaja.

SRH Officer Unala Putri Khatulistiwa menjelaskan bahwa, para remaja sangat rentan dalam menggunakan sosial media. Sehingga kerawanan tersebut perlu adanya pendampingan dari pihak keluarga maupun orang terdekat dalam menyikapi tumbuh kembangnya.

“Pemenuhan hak kesehatan reproduksi remaja di Gunungkidul serta mengidentifikasi tantangan dalam penanganan kasus yang dialami oleh remaja,”kata Putri ditemui wartawan saat melaksanakan kegiatan sosialisasi di Hotel Cyka Raya yang dihadiri berbagai instansi di Gunungkidul, Rabu (11/12/2019).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan kedua kalinya di Gunungkidul tersebut Unala menyasar remaja berusia 17 sampai 25 tahun. Hal tersebut dilakukan lantaran banyaknya pelecehan seksual khususnya anak remaja perempuan. Sehingga Unala dapat dijadikan wadah dalam konseling serta mendampingi remaja dalam menjaga masa puber.

“Unala adalah mitra kerja Pemerintah dalam penyediaan layanan kesehatan remaja. Kami juga menggandeng komunitas di Gunungkidul dan sekolah-sekolah,”imbuhnya.

Sementara itu salah satu peserta dari acara Unala Nurlia mengaku antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Pihaknya berharap acara yang dilaksanakan Unala dilaksanakan rutin setiap bulan.

“Harapannya acara ini dibuka untuk umum agar semua masyarakat bisa ikut serta dalam mendampingi putra putrinya dimasa-masa remaja,”katanya.

(Wahyu)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.