Wisatawan Jarang Mampir, TIC Dioptimalkan Jadi Informasi Pusat Geologi

63

Patuk,(suaragunungkidul.com)–Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul mengoptimalkan kantor pusat informasi atau Tourist Information Center (TIC) yang berada di Kecamatan Patuk. TIC yang sabelumnya hanya melayani informasi tentang pariwisata saat ini dioptimalkan menjadi informasi tentang pusat Geologi.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Gunungkidul Yuni Hartini memaparkan, pengoptimalan tersebut dilakukan karena para wisatawan jarang mempergunakan TIC sebagai informasi untuk berwisata ke Gunungkidul. Hal tersebut terjadi karena saat ini wisatawan memilih menggunakan Handphone sebagai sumber informasi.

“Kami tetap melayani informasi tentang destinasi wisata apabila ada wisatawan yang ingin berlibur ke Gunungkidul, dan itu gratis,”ujar Yuni, Minggu (15/12/2019).

Saat ini TIC yang dioptimalkan menjadi pusat informasi Geologi menurut Yuni sebagai upaya mendukung Kabupaten Gunungkidul sebagai bagian dari Unesco Geopark Gunung Sewu. Layanan informasi tentang pusat kegeologian tersebut wisatawan mendapatkan informasi mengenai geopark secara visual.

“Wisatawan dapat mengakses informasi kegeologian yang ada di Gunungkidul,”imbuhnya.

Kedepan lokasi TIC tersebut bakal dibangun Pusat Informasi Kegeologian, yang mana sumber anggaran langsung dari Badan Kegeologian. Di lokasi tersebut, berbagai macam teknologi akan mempermudah akses masyarakat yang akan belajar mengenai Kawasan Unseco Geopark di Kabupaten Gunungkidul.

(Fajar R)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.