Produk Kerajinan Bambu Wuluh Asal Semin, Berhasil Diekspor Ke Luar Negeri

326

Semin,(suaragunungkidul.com)–Kerajinan Bambu Wuluh produksi Kaliman (49) warga Padukuhan Mandesan, Desa Semin, Kecamatan Semin tidak bisa dipandang sebelah mata. Walaupun hanya dibuat untuk mainan, hasil kreasi Kaliman berhasil diekspor ke luar negeri.

Ditemui di rumahnya Kaliman menjelaskan bahwa, dia menjadi seorang perajin sejak 19 tahun lalu tepatnya pada tahun 2000. Kerajinan bambu wuluh miliknya dibuat mainan anak-anak tempo dulu seperti Gangsing, Peluit dan berbagai jenis mainan lawas lainnya. Namun justru mainan-mainan tersebut mampu menembus pasar internasional.

“Untuk penjualan paling jauh ke Amerika, Jerman, Malaysia, Jepang, Australia dan juga antar kota dan pulau di Nusantara.” beber Kaliman, Jumat (20/12/2019).

Namun demikian, walaupun tembus ke pasar Internasional produksi kerajinan bambu Wuluh milik Kaliman terkadang menemui kendala. Kendala tersebut berada di bahan baku. Jika di Gunungkidul kekurangan stok, bahkan untuk mendapatkan bahan baku bambu Wuluh tersebut Kaliman harus mencari ke Provinsi Jawa Timur.

“Kendala bahan baku itu yang harus membutuhkan modal banyak dan waktu yanh cukup lama,”imbuhnya.

Profesi sebagai perajin bambu Wuluh membuat Kaliman merasa bersyukur, atas ide-ide dan kreasinya tersebut dia dapat menghidupi keluarganya. Lebih lanjut dia memaparkan, seiring usaha kerajinannya yang semakin besar dan dapat menembus pasar luar Negeri Kaliman mengharapkan mendapat suntikan modal dari Pemerintah.

“Pesanan semakin banyak, memang selain terkendala bahan baku modal menjadi permasalahan pokok kami untuk mengembangkan usaha,”tandasnya.

(Wawan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.