Gelar Budaya Desa Pilangrejo, Kawula Diajak Melestarikan Budaya

73

Nglipar,(suaragunungkidul.com)—Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan kegiatan gelar budaya di Padukuhan Pilangrejo Desa Pilangrejo Kecamatan Nglipar, (26/12/2019). Selain merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya, acara tersebut bertujuan untuk mengajak kawula muda agar ikut melestarikan budaya.

Sekretaris Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar Roni mengatakan bahwa, selain gelar budaya kesenian pihak panitia juga merangkul para pelaku Usaha Mirko Kecil Menengah (UMKM) di 7 Padukuhan Desa Pilangrejo. Pelaku UMKM tersebut dilibatkan untuk memamerkan produk unggulan yang dibuat warga masyarakat setempat.

“Selain pameran UMKM terdapat kegiatan budaya salah satuya Karawitan, Reog, Jathilan dan Campursari,”ujar Roni, Jumat (27/12/2019).

Pihak Desa berharap agar kedepan kegiatan budaya tersebut dapat dilestarikan dan meningkatkan daya tarik wisatawan di wilayah Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar. Peran generasi muda untuk mencintai budaya sangatlah penting.

“Budaya itu mempersatukan dari yang tidak kenal menjadi kenal, dari yang tidak tahu menjadi tahu untuk nguri-uri budaya jawi,”katanya

(Wahyu)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.