Libur Nataru Wisatawan Menyumbang Sampah, DLH : Tidak Perlu Persiapan Khusus

79

Wonosari,(suaragunungkidul.com)–Libur natal dan tahun baru tahun ini diperkirakan akan dibanjiri wisatawan baik lokal maupun dari luar Gunungkidul. Tak hanya menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), namun diperkirakan para wisatawan tersebut juga bakal menyumbangkan sampah.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih, pihaknya menegaskan bahwa Dinas yang membidangi harus melakukan himbauan untuk mencintai Kabupaten Gunungkidul dengan membuang sampah pada tempatnya. Menurut Endah, paling tidak terdapat titik-titik tertentu dipasang benner yang berisi himbauan tersebut.

“Tidak hanya menyumbangkan PAD tapi wisatawan juga selalu menyumbangkan sampah,”ujar Endah, Jumat (27/12/2019).

Menanggapi permasalahan sampah, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gunungkidul Aris Suyanto menegaskan bahwa, pada libur natal dan tahun baru kali ini tidak perlu persiapan khusus. Pengelolaan sampah khususnya di obyek wisata pantai sudah berjalan dengan baik.

“Di lokasi sudah ada petugas dari UPT kebersihan, pengelola sampah mandiri dan pokdarwis,”katanya.

Selain itu lanjut Aris, alat angkut seperti dump truck sudah melayani di lokasi obyek wisata dan himbauan maupun sosialisasi agar tidak membuang sampah sembarangan telah dipasang di lokasi tertentu.

“Tempat pembuangan sampah juga sudah disediakan di lokasi, sehingga adanya lonjakan volume sampah akibat naiknya kunjungan wisatawan bisa kita antisipasi,”tegasnya

(Fajar R)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.