Banyak Keluhan Terkait Buruknya Pelayanan, Dewan Minta PDAM Berbenah

74

Wonosari,(suaragunungkidul.com)–Terkait keluhan buruknya pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Handayani DPRD Kabupaten Gunungkidul meminta PDAM berbenah. Hal tersebut dilakukan menyusul aksi masyarakat yang melakukan penyegelan sumber air di Padukuhan Wilayu, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu beberapa waktu lalu.

Ketua Komisi C DPRD Gunungkidul Demas Kursiswanto meminta agar, PDAM harus memaksimalkan debit air dari sumber air di wilayah tersebut. Terkait penyegelan sumber air oleh masyarakat yang merupakan pelanggan, Demas mengakui bahwa persoalan tersebut memang perlu adanya pemahaman semua pihak.

“Target Pemerintah tahun 2024 90 persen masyarakat terlayani, kami tekankan PDAM benar-benar berbenah,”ujar Demas, Selasa (07/01/2020).

Politikus PDIP itu bahkan siap memfasilitasi terkait keluhan masyarakat terkait permasalahan air di wilayah Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu. Hal tersebut dilakukan supaya ada jalan keluar dan tidak ada lagi permasalahan khususnya pelayanan air bersiih.

“Kebutuhan air di Pacarejo itu 5 liter per detik, saat ini hanya mampu 3 liter per detik,”imbunhya.

Sementara itu Kepala Desa Pacarejo Suhadi mengatakan, pihaknya harus menyampaikan aspirasi terkait keluhan dari masyarakat ke PDAM. Pihaknya berharap pelayanan PDAM untuk masyarakat tidak semata hubungan bisnis tetapi hubungan sosial.

“Bagaimanapun saya harus menyampaikan aspirasi dari masyarakat,”kata Suhadi.

Diketahui sebelumnya, sumber air PDAM di tengah-tengah Padukuhan Wilayu disegel oleh warga masyarakat. Penyegelan tersebut buntut dari kegeraman warga lantaran macetnya aliran air dari sumber Bribhin. Sumber dari Bribhin macet karena mengalami kerusakan di bagian trafo, warga mnegaku kesal lantaran sumber air PDAM di Padukuhan Wilayu justru dialirkan kepada pelanggan di luar Padukuhan Wilayu.

(Fajar R)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.