DPP Gunungkidul Kenalkan Budidaya Kakao Kepada Calon Petani Milenial Bangkalan

102

Patuk,(suaragunungkidul.com)–Dinas Pertanian Pangan Kabupaten Gunungkidul mengenalkan budidaya tanaman Kakao di Taman Teknologi Pertanian (TPP) Nglanggeran kepada siswa SMA N 1 Blega Bangkalan, Madura. Pengenalan tersebut dalam rangka karya wisata bagi para siswa supaya berminat menjadi petani milenial, Selasa (07/01/2020).

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Gunungkidul Raharjo Yuwono mengatakan bahwa, TPP Nglanggeran dikunjungi sejumlah 100 siswa dari sekolah tersebut diantar mengelilingi Kebun Buah yang ada di wilayah Nglanggeran. Hal tersebut dilakukan supaya para siswa mengetahui secara langsung bagaimana budidaya teknologi pertanian yang baik.

“Kami menyambut baik ketertarikan kaum milenial terhadap pertanian, sehingga nantinya ada keberlanjutan para siswa menjadi petani muda yang sukses,”ujar Raharjo, Rabu (08/01/2020).

Sementara itu Koordinator Program Karya Wisata Siswa SMA Negeri 1 Blega Bangkalan Madura Affifah mengatakan, pengenalan karya wisata di TPP Nglanggeran bertujuan agar para siswa dapat berwawasan luas tentang pertanian sehingga dapat menarik minat siswa apabila akan meneruskan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi di bidang pertanian.

“Maksud dan tujuan karya wisata ini mengenalkan para siswa teknologi bidang pertanian, sehingga nantinya akan menarik minat menjadi petani milenial,”kata Affifah.

Diketahui TPP Nglanggeran merupakan taman teknologi yang mengintegrasikan Kakao baik pembudidayaan dan pengolahannya sampai menjadi Choger, juga Permen Cokelat. Selain itu juga Integrasi Ternak Kambing PE, serta budidaya bunga Krisan.

(Fajar R)

loading...



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.