Warga Pundungsari Panen Raya Dari Benih Bantuan, Hasilnya Per Hektar Capai Belasan Ton

81

Semin,(suaragunungkidul.com)–Kelompok Tani Thukul Pambudi Desa Pindungsari, Kecamatan Semin melaksanakan panen raya di Bulak Dondong Sedono. Panen raya dengan bibit bantuan Pemerintah tersebut menghasilkan belasan ton per hektar, Rabu (08/01/2020).

Ketua Kelompok Tani Thukul Pambudi Kahono (46) memaparkan, dari hasil ubinan panen padi jenis Hibrida yang ditanam, saat panen menghasilkan 11,8 ton gabah kering per hektar. Jumlah hasil panen dari bibit Hibrida tersebut lebih banyak dibandingkan dengan varitas Ciherang yang hanya mencapai 7,4 ton gabah kering per hektar.

“Panen padi jali ini merupakan hasil bantuan benih program pemerintah, kami berterimakasih karena banyak mendapatkan bantuan dari Pemerintah mulai dari embung tahun 2016, alat dan mesin traktor tahun 2017 dan bantuan benih,”ujar Kahono, Kamis (09/01/2020).

Kepala Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Gunungkidul Bambang Wisnu Broto menyampaikan, pada bulan Januari tahun 2020 sebagai bulan paceklik panen padi, namun demikian di Bulak Dondong , Padukuhan Sedono, Desa Pundungsari, Kecamatan Semin para petani dapat panen padi hingga 4 kali dalam setahun. Bambang mendorong para petani agar menjadi petani maju mandiri dan modern.

“Apa yang sudah dicapai Kelompok Tani Thukul Pambudi agar dipertahankan dan dikembangkan lagi supaya lebih maju dan modern,”kata Bambang.

(Fajar R)

loading...



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.