Bau Busuk TPA Baleharjo Tercium Sampai Kecamatan Semanu

76

Wonosari,(suaragunungkidul.com )–Bau busuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Padukuhan Wukirsari, Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari tercium oleh warga di wilayah Kecamatan Semanu. Hal tersebut membuat warga di dua Desa perbatasan geram lantaran khawatir akan terjadinya wabah penyakit.

Diungkapkan oleh Lapiyem, warga Padukuhan Kenteng, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu merasa terganggu karena bau busuk menyengat yang berasal dari TPA Baleharjo. Jarak antara TPA dan pemukiman warga diketahui tak begitu jauh, karena kawasan TPA berbatasan langsung dengan Desa Pacarejo.

“Bau busuknya sampai daerah sini,”ujar Lapiyem, Sabtu (11/01/2020).

Hal serupa juga diungkapkan oleh Warto, warga Padukuhan Sambirejo, Desa Semanu, Kecamatan Semanu. Rumah Warto diketahui hanya berjarak 200 meter sebelah Timur TPA Baleharjo, pada saat musim hujan dan volume sampah menumpuk maka dapat dipastikan bau busuk sampah TPA akan terhirup warga disekitar Padukuhan Sambirejo.

“Membuat perut mual, selain itu banyak lalat kemana-mana,”keluh Warto.

Menurut Warto, polusi udara yang berasal dari TPA tersebut dikhawatirkan dapat menimbulkan wabah penyakit. Dengan demikian pihaknya meminta instansi terkait untuk memberikan solusi ataa permasalahan tersebut.

(Wahyu)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.