Jawab Aliran Air Keruh Ke Pelanggan, PDAM Bakal Andalkan Sumur Bor

64

Wonosari,(suaragunungkidul.com)–Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Handayani bakal melakukan langkah antisipasi terkait keruhnya aliran air yang dialirkan ke pelanggan. Langkah tersebut diambil menyusul adanya keluhan warga di wilayah sekitar Kecamatan Semanu beberapa waktu lalu.

Pihak PDAM merespon cepat dengan mengaktifkan sumber air sumur bor di kantor cabang Semanu untuk memback up sumber air yang berada di Seropan.

Direktur Teknik PDAM Tirta Handayani Toto Sugiharto mengutarakan, pada musim penghujan seringkali aliran air ke pelanggan dari sumber Seropan tercampur lumpur sehingga mengalami kekeruhan. Sumber air di Srropan menurut Toto hanya dapat memback up sejumlah 10 ribu Sambungan Rumah (SR).

“Sementara para pelanggan yang mendapatkan aliran dari sumber seropan tercatat sejumlah 16 ribu Sambungan Rumah (SR),”ujarnya, Sabtu, (11/01/2020).

Untuk mengatasi permasalahan keruhnya air dan debit air yang kurang maka PDAM akan mengaktifkan sumber lain yakni sumur bor air bawah tanah yang berada di dekat kantor cabang Semanu. Toto memastikan bahwa, air dari sumur bor cabang Semanu sangat layak untuk dikonsumsi lantaran memiliki kadar air yang sangat baik.

“Sumber di Semanu debitnya 3 sampai 5 liter per detik. Untuk pengaktifan akan kami lakukan namun masih menunggu pemasangan listrik dari PLN,”imbuhnya.

(Fajar R)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.