Lestarikan Sejarah, Pemdes Piyaman Wacanakan Bangun Wisata Edukasi Sejarah Wonopawiro

98

Wonosari, (suaragunungkidul.com)–Pemerintah Desa Piyaman Kecamatan Wonosari berencana bakal membangun wisata edukasi sejarah Ki Demang Wonopawiro. Wisata sejarah tersebut diharapkan bakal menjadi edukasi sarana informasi sejarah tentang berdirinya Kabupaten Gunungkidul.

Sekretaris Desa Piyaman Sujadi menjelaskan, wacana wisata sejarah edukasi tersebut tercetus sejak tahun 2017 lalu ketika pihaknya baru menjabat sebagai Sekdes. Wacana tersebut muncul atas ketertarikan pihak desa dalam mengangkat budaya lokal tentang asal muasal Kabupaten Gunungkidul dan Ki Demang Wonopawiro.

“Persiapan dari wacana tersebut telah disiapkan sejak satu setengah tahun. Diantaranya menelusuri jejak sejarah dan bukan sekedar mitos, namun ahli waris langsung dari Generasi Ki Demang Wono Pawiro yang dulu sebagai tokoh di balik berdirinya Kabupaten Gunungkidul,”ujarnya, Senin (13/01/2020).

Dari wacana wisata sejarah edukasi tersebut akan difokuskan napak tilas yakni salah satunya peninggalan dari pewaris kelima Ki Demang Wonopawiro. Peninggalan tersebut berupa rumah limasan dan bebagai jenis pusaka yang berada di Padukuhan Padukuhan Piyaman 1. Selain itu juga terdapat makam Ki Demang Wonopawiro.

“Rumah limasan dan pusaka serta petilasan tersebut saat ini masih terpelihara dengan baik,”imbuhnya.

Menurut Sujadi, Pemeritah Desa juga telah melayangkan surat kepada Bupati Gunungkidul termasuk berkoordinasi dengan Dinas Budaya untuk bersama-sama mengkonsep pembangunan wisata sejarah tersebut.

“Langkah ini diambil guna membangkitkan wisata sejarah khususnya di Gunungkidul yang tidak hanya mengangkat potensi alam saja namun juga wisata sejarah,”tandasnya.

(Wahyu)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.