Sumber Mata Air Pule Jajar Diresmikan, Warga Jepitu Tak Kesulitan Air Lagi

151

Girisubo,(suaragunungkidul.com )–Proyek Sarana air bersih dari sumber mata air Gua Pule Jajar yang berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo diresmikan, Minggu (19/01/2020). Dengan diresmikannya sumber air tersebut diharapkan dapat meringankan beban warga khususnya Desa Jepitu yang mengalami kesulitan air saat musim kemarau.

Ketua panitia penyelenggara peresmian Heru Binawan merasa sangat banga atas diresmikannya proyek sarana air bersih tersebut. Diakui Heru setelah dilakukannya serangkaian penelitian dengan Komunitas Merangkul Bumi (Kombi) selama bertahun-tahun,2 pihaknya berharap sarana air bersih di Goa Pule Jajar dapat memenuhi kebutuhan air warga Desa Jepitu.

“Debitnya sangat besar, harapan kami sumber air ini dapat meringankan kesulitan air saat kemarau tiba,”kata Heru, Senin (20/01/2020).

Sementara itu GBPH Prabu Kusumo yang meresmikan langsung sarana air bersih tersebut menjelaskan, kekayaan alam di Kabupaten Gunungkudul sangat luar biasa. Mewakili Badan Wakaf Al Quran yang telah memberikan pendanaan kegiatan tersebut dia menghimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan sumber air tersebut dengan baik.

“Kekayaan alam di Gunungkidul tersebut harus ada upaya untuk mengolahnya,”kata Prabu Kusumo dihadapan tamu undangan Forkominda Gunungkidul.

Ketua Kombi Rubiyanto merasa bersyukur atas diresmikannya proyek sarpras air bersih Goa Pule Jajar. Rubi memaparkan historis perjalanan Kombi dan relawan yang berjuang untuk memanfaatkan sumber air Goa Pule Jajar tersebut sangat panjang. Goa Pule Jajar diketemukan pada tahun 2008 lalu, hingga serangkaian penelitian dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak.

“Harapan kami selain dapat dimanfaatkan, sumber air ini dapat dijaga okeh maayarakat sehingga berkelanjutan menjadi amal jariyah bagi relawan dan penyandang dana,”imbuhnya.

(Wahyu)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.