Sisa 1 Miliar, Dewan Bakal Evaluasi Dana BOP

51

Wonosari,(suaragunungkidul.com)–Sisa Dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk lembaga PAUD di lingkup Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Diadikpora) Kabupaten Gunungkidul menjadi catatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul khususnya Komisi D. Tak terserapnya anggaran khususnya untuk pendidikan tersebut bakal dievaluasi.

Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Gunungkidul Ari Siswanto menjelaskan, anggaran BOP tahun 2019 yang menjadi silva pada tahun 2020 tersebut nantinya akan menjadi catatan penting untuk dilakukan evaluasi saat laporan pertanggungjawaban. Pihaknya akam mendorong agar jangan sampai nantinya hal serupa terjadi pada tahun berikutnya.

“Sisa 1 Miliar itu cukup banyak, kita akan evaluasi apakah itu dari segi perencanaannya yang salah atau memang dalam rangka penghematan,”ujar Politikus PKS tersebut, Rabu (29/01/2020).

Menurutnya, anggaran untuk pendidikan seharusnya jangan sampai ada satu rupiahpun yang tersisa, Namun pihaknya mengapresiasi apabila sisa dana BOP tersebut memang dalam rangka penghematan.

“Evaluasi laporan pertanggungjawaban itu dilaksanakan pada bulan juni. Itu akan menjadi catatan nantinya,”imbuh Ari.

Diketahui sebelumnya, Bantuan Operasional Pedidikan (BOP) pada tahun 2019 lalu tidak terserap 100 %, pagu anggaran sejumlah 18,3 miliar hanya terserap 17,6 miliar. Sehingga sisa dana BOP kurang lebih 1 miliar menjadi silva dan dipergunakan pada tahun 2020.

(Fajar Risdiyanta)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.