Nekat Laksanakan Hajatan Ditengah Maraknya Covid-19, Polres Gunungkidul Ikuti Intruksi Kapolri

62

Gunungkidul,(Suaragunungkidul.com)–Aparat Kepolisian bakal membubarkan secara paksa apabila didapati masyarakat Gunungkidul yang nekat melaksanakan resepsi dengan mengundang orang banyak. Hal tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan keselamatan yang lebih luas.

Kapolres Gunungkidul AKBP Agus Setyawan melalui Kasubag Humas Polres Gunungkidul Iptu Enny Nur Widhiastuti menjelaskan bahwa, aparat penegak hukum berhak membubarkan massa untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19), sesuai maklumat Kapolri. Jika tidak mematuhi himbauan Polisi tersebut masyarakat dapat diancam dengan pidana.

“Apabila ada warga yang bandel tidak mengindahkan perintah personel yang bertugas untuk kepentingan negara, masyarakat, bangsa dan negara maka kami akan proses hukum dengan Pasal 212 KUHP, 216 KUHP dan 218 KUHP,”ujar Enny, Selasa (24/03/2020).

Namun demikian, sebelum Polisi menerapkan pasal pidana, pihaknya akan mengedepankan upaya dialog terlebih dahulu. Sesuai himbauan dari Pemerintah agar masyarakat membubarkan diri dan tetap di rumah dilakukan untuk memutus rantai penularan Covid-19.

“Kami kedepankan dengan cara humanis dan persuasif, tetapi apabila tetap membandel dengan
mempergimbangkan keselamatan masyarakat yang lebih luas, kita bubarkan paksa dan sesuai undang-undang bisa kita pidanakan,”tegasnya.

(Fajar R)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.