Dampak Covid-19, Sidang Di Pengadilan Negeri Wonosari Dilakukan Secara Online

36

Wonosari,(suaragunungkidul.com)–Pengadilan Negeri Wonosari melaksanakan sidang perkara pidana secara online. Dilakukannya pelaksanaan sidang tersebut sebagai bentuk terobosan PN Wonosari mengantisipasi penyebaran wabah Corona Virus Disease (Covid-19).

Ketua PN Wonosari Eman Sulaiman melalui Wakil Ketua PN Tri Joko Gantar Pamungkas mengatakan, persidangan teleconference secara online tersebut menggunakan aplikasi Skype dengan. Uji coba yang dilakukan pada Kamis (26/03/2020) berjalan tanpa kendala. Pelaksanaan sidang tersebut dilakukan di 4 lokasi berbeda, yakni Majelis Hakim di ruang sidang PN Wonosari, Penuntut Umum di Kantor Kejaksaan Negeri Gunungkidul, Terdakwa di Rutan Wonosari dan penasehat hukum di ruang Posbankum.

“Persidangan online ini sebagai bentuk manajemen resiko tupoksi pengadilan yang terganggu karena adanya wabah covid-19, terutama bagi para saksi dan tahanan yang sangat rentan terpapar ketika berada di luar tahanan. Dengan menjaga para napi yang ada di dalam rutan dan telah steril.

Menurut Tri Joko, persidangan secara online tersebut telah disetujui oleh 3 instansi yakni PN Wonoasari, Rutan Kelas II B dan Kejaksaan Negeri Gunungkidul. Kesepakatan tersebut dilakukan dengan mendandatangani Memorendum Of Understanding (MOU).

“Berbagai upaya telah kami melindungi masyarakat dari terpaparnya wabah Covid-19 sebagai implementasi asas keselamatan rakyat menjadi hukum tertinggi,”imbuhnya.

Sementara itu dikonfirmasi terpisah, Kepala Kejaksaan Negeri Gunungidul Koswara mengatakan, pada persidangan online yang dilakukan perdana tersebut menyidangkan sejumlah 5 perkara pidana. Pada persidangan berikutnya pihak Kejaksaan akan melaksanakan persidangan secara serupa yakni teleconference menggunakan aplikasi Skype. Pihaknya belum dapat memastikan pelaksanaan sidang secara online tersebut akan dilaksanakan sampai kapan.

“Kita menunggu situasi terkait Covid-19 ini kondusif,”terangnya.

(Fajar R)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.