Mewakili DIY, Perpusdes Balai Pintar Pengkol Maju Ke Tingkat Nasional

59

Nglipar, (suaragunungkidul.com)–Perpustakaan Desa Balai Pintar yang betada di Kalurahan Pengkol, Kepanewon Nglipar bakal maju dalam ajang lomba tingkat Nasional pada tahun 2020. Satu – satunya Perpusdes yang mewakili Gunungkidul tersebut bakal mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pengelola Perpusdes Balai Pintar Kelurahan Pengkol Dewi Rahayu mengatakan bahwa, sebelumnya Perpusdes Balai Pintar telah mengikuti kejuaraan dan menjuarai lomba di tingkat Kabupaten maupun tingkat Provinsi. Untuk mengikuti lomba tingkat Nasional Perpusdes Balai Pintar saat ini telah mempersiapkan berbagai strategi dalam proses penilaian agar bisa menang.

“Perpustakaan Desa Balai Pintar ini telah dirintis sejak tahun 2014 lalu, “katanya, Kamis (02/07/2020).

Dewi mengatakan Perpusdes Balai Pintar bakal mengikuti lomba untuk kriteria Perpustakaan umum terbaik Desa atau Kelurahan se Indonesia. Untuk memenangkan dalam ajang lomba tingkat Nasional salah satu persyaratannya, sambung Dewi adalah koleksi buku yang ada di Perpusdes tersebut harus memiliki sejumlah 5 ribu judul.

“Saat ini koleksi buku Perpusdes Balai Pintar belum mencapai jumlah 5 ribu sehingga kami menerima donasi buku dari berbagai pihak,”imbuhnya.

Ketua Komisi A Eri Agustin mengapresiasi atas keberhasilan pengelolaan perpusdes Balai Pintar Kelurahan Pengkol, Kepanewon Nglipar. Peran serta masyarakat, stakeholder dan instansi terkait menjadikan perpusdes Balai Pintar tersebut sukses mewakili DIY dalam ajang lomba perpustakaan terbaik tingkat Kelurahan/Desa. Dalam kesempatan tersebut anggota DPRD komisi A memberikan sejumlah buku untuk menambah koleksi Perpusdes Balai Pintar.

“Multiplayer efek, pengelolaannya dan pemanfatannya melibatkan masyarakat lokal. Dan juga perpusdes Balai Pintar ini ada pelatihan tari sehingga banyak aspek yang mendukungnya tidak hanya aspek literasi saja,”terang Eri.

(Fajar R)

loading...



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.